previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional dan MBKM, USU Gandeng LNSW

Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional dan MBKM, USU Gandeng LNSW

“Salah satunya persoalan kepabeanan ekspor impor, tantangan ini yang perlu dikerjasamakan untuk kita sama-sama bisa memberi dan menerima manfaat,” kata Rektor USU.

newsmenu upaya pemilihan ekonomi nasional dan mbkm usu gandeng lnsw vofb

Universitas Sumatera Utara (USU) menggandeng Lembaga Nasional Single Window (LNSW) dalam upaya pemulihan ekonomi nasional sekaligus penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Kerja sama tersebut dikukuhkan dalam penandatanganan Memorandum of Agreement (MoU) oleh Rektor USU Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si dan Kepala LNSW Mochammad Agus Rofiudin, S. Kom., M.M di Rumah Dinas Rektor USU, Kamis (20/01/2022).

Rektor USU mengatakan, dalam penerapan pemulihan perekonomian nasional, LNSW tentunya memiliki berbagai tantangan yang memerlukan kerja sama dengan universitas.

“Salah satunya persoalan kepabeanan ekspor impor, tantangan ini yang perlu dikerjasamakan untuk kita sama-sama bisa memberi dan menerima manfaat,” katanya.

Rektor menambahkan, USU dan LNSW dapat melakukan magang, riset bersama dan studi independen. Mahasiswa akan magang untuk mempelajari seperti apa pekerjaan yang dilakukan oleh LNSW dalam rangka memberi kepastian kepada publik secara digital. 

“Mahasiswa misalnya bisa mempelajari bagaimana pendataan kepabeanan dan cukai sehingga kini tidak lagi memerlukan birokrasi yg panjang, trasnpasrasi yang dapat diakses publik, dan kualitas layanan yang semakin memberi kepastian,” lanjutnya.

Selain itu, menurut rektor, seminar bersama juga bisa diadakan untuk mensosialisasikan seperti apa kerangka digital services yang dilakukan pemerintah sebagai based practice kepada dosen dan mahasiswa.

“Setelah penandatanganan ini, kita akan bicarakan hal yang lebih teknis. Di tahap pertama, kami memanggil dekan FEB, FASILKOM, FISIP dan FH untuk bisa menindaklanjuti hal yang teknis,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala LNSW mengatakan, pandemi berdampak luar biasa terhadap perdagangan global. Oleh karena itu, pemerintah tidak ingin terlena dan akan memanfaatkan kondisi pandemi untuk melakukan lompatan dengan mendorong perguruan tinggi untuk ikut serta.

“Tentu ini bukan pekerjaan yang mudah, perlu sinergi kementerian, lembaga dan civitas akademika, karena masa depan Indonesia ada pada generasi muda di kampus,” kata Agus.

Menurut Agus, pihaknya telah melihat potensi yang luar biasa pada USU. Selain karena wilayahnya yang strategis dan dekat dengan selat malaka, USU juga memiliki sumber daya (SDM) manusia yang unggul. SDM USU di wilayah Sumatera Utara diharapkan bisa aktif membantu pemerintah mendorong kinerja perekonomian.

“Bukan hanya dari sisi teknis, lembaga ini juga akan membimbing mahasiswa dari sisi soft skill agar ke depan sinergi ini memberi dampak pada kemajuan kinerja ekonomi Indonesia,” harapnya.