Indonesia Investment Festival 2016 digelar di USU

Universitas Sumatera Utara mengadakan acara Indonesia Investment Festival 2016. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari 28-29 Oktober 2016 kemarin di Pendopo USU itu adalah hasil kerjasama Asosiasi IDX (Indonesia Stock Exchange) bersama dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) USU. 

IDX 1Mengambil tema “Saatnya jadi investor muda”, kegiatan itu diadakan serentak di seluruh Indonesia, seperti di Jakarta, Surabaya, Bandung dan kota-kota lainnya dengan tujuan untuk menyosialisasikan segala hal yang berhubungan dengan saham, bursa efek dan IDX kepada masyarakat luas, pelajar, dan mahasiswa sehingga dapat dipahami bahwa IDX itu konsepnya adalah untuk semua orang bukan hanya pengusaha saja.

IDX 4Rektor Universitas Sumatera Utara Prof. Runtung, SH, mengatakan, acara ini cukup bagus dan sangat baik terutama untuk mengenalkan seluk beluk saham dan pasar modal kepada pelajar dan mahasiswa. Karena seperti diketahui, ujarnya, kebanyakan mahasiswa bahkan masyarakat umumnya tidak paham bahkan tidak mengenal saham dan pasar modal, apalagi untuk ikut berkecimpung didalamnya.

IDX 5Prof. Runtung berharap, acara ini dapat diterima dan dipahami oleh mahasiswa sehingga mereka bisa ikut bertransaksi atau menabung saham karena tentu saja bermanfaat bagi mereka bahkan dapat menambah penghasilan.

IDX 2Terpisah, Rial Syahputra dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Semester IX menyebutkan, HIPMI USU dalam acara ini bertindak sebagai panitia bekerjasama dengan Asosiasi IDX (Indonesia Stock Exchange) bersama dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) menggelar serentak acara serupa di 21 kota di Indonesia. “Berkaitan dengan Hari Sumpah Pemuda 2016 kami ingin mengedukasi teman mahasiswa dan pemuda untuk aktif berinvestasi di pasar modal.

IDX 3Bagaimana nantinya mereka tahu apa itu pasar modal, lalu berinvestasi di pasar modal dengan cara dan teknis yang benar,” ujarnya. Dikatakannya lagi, wadah dan komunitas bagi yang tertarik berinvestasi di pasar modal yaitu ISB, IDX, dll. Rial berharap akan banyak para pemuda dan kalangan mahasiswa ikut berinvestasi di pasar modal yang tentu saja sangat bermanfaat bagi mereka.

IDX 6Seperti diketahui, Indonesia Investment Festival 2016 di Pendopo USU terbuka untuk umum. Rangkaian acara yang digelar yakni seminar OJK yang dilaksanakan pada hari pertama lalu dilanjutkan dengan talkshow dari HIPMI. Kemudian lomba Modeling dan ditutup dengan penampilan band asal Medan yaitu Wina Band. Sedangkan di hari kedua, seminar disampaikan oleh IDX Youth Investor dan talkshow dari OJK. Selanjutnya, Speech Competition dan diakhiri dengan penampilan dari Hazelnut Band. Acara ini juga menyelenggarakan Photography Competition dan Food Bazaar, termasuk cek kesehatan gratis, Expo dan lain-lain.