Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa DPW 1 POPMASEPI

Alhamdulillahhirabbil'alamin,
Pada Tanggal 26-30 Juni 2019 DPW I POPMASEPI (Perhimpunan Profesi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Indonesia) menyelenggarakan kegiatan Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa I (LKMM I) di Universitas Islam Sumatera Utara. Kegiatan ini di hadiri oleh 18 institusi PT yang tergabung didalam DPW I POPMASEPI yaitu:

  1. Universitas Syiah Kuala
  2. Universitas Al'Muslim
  3. Universitas Teuku Umar
  4. Universitas Gajah Putih
  5. Universitas Malikussaleh
  6. Universitas Samudra
  7. Universitas Sumatera Utara
  8. Universitas Muhammadyah Sumatera Utara
  9. Universitas Muslim Nusantara AW
  10. Universitas Simalungun
  11. Universitas Jambi
  12. Universitas Andalas
  13. Universitas Riau
  14. Universitas Islam Riau
  15. Universitas Eka Sakti
  16. Universitas Sriwijaya
  17. Universitas Bengkulu

Selama 4 hari kegiatan LKMM ini panitia melaksanakan berbagai kegiatan yang memberikan pengetahuan baru kepada mahasiswa.Pada hari pertama LKMM dibuka oleh kegiatan Seminar Nasional dengan tema "Kontribusi Industri Sawit Indonesia dalam Sustainable Development Goal's"
dimana salah satu materi pada seminar ini dibawakan oleh  Ir. Diana Chalil, MSi., Ph.D, Dosen Program Studi Agribisnis USU.

Diana Chalil

                                                                                      (Foto 1. Materi Ir. Diana Chalil, M.Si, Ph.D)

selain menyelenggarakan kegiatan seminar nasional pada hari yang sama DPW I POPMASEPI juga menyelenggarakan Lomba Penulisan Artikel Ilmiah dengan Topik "Kontribusi industri sawit dalam pencapaian SDG's". Salah satu mahasiswa Agribisnis USU mampu membawa pulang piala dengan menjadi juara pada lomba tersebut yaitu atas nama Rizky Fahtur Rahman (Agribisnis USU 2016).

Pada hari selanjutnya peserta Latihan Kepemimpinan Management Mahasiswa dengan tema "Meningkatkan Rasa Persaudaraan Antar Mahasiswa Agribisnis  Memperkuat Kualitas Iman Ilmu Amal Ke Popmasepian Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Indonesia" disuguhkan dengan berbagai materi yang memiliki korelasi erat terhadap dinamikan kehidupan kampus. Peserta LKMM diberikan materi diantaranya:

  1. Materi Kepopmasepian
  2. Materi Teknik Persidangan
  3. Materi kepemimpinan
  4. Materi Entreprenuer
  5. Materi Loby, Relationship & Networking
  6. Materi Public Speaking
  7. Materi FGD
  8. Materi Aksi & Advokasi

Respon yang sangat baik ditunjukan para peserta LKMM POPMASEPI DPW I ketika mendengarkan materi dari salah satu dosen Program Studi Agribisnis USU yaitu Ir. Yusak Maryunianta, M.P. Antusiasme dari mahasiswa terpecah pada saat materi disampaikan dengan lugas oleh beliau.

Yusak Maryunianta

                                                                         (Foto 2. Materi LKMM oleh Ir. Yusak Maryunianta, M.P)

Kegiatan LKMM I POPMASEPI juga menunjuk Emil Handika (Universitas Malikussaleh ) sebagai ketua angkatan PERCHA KSATRIA III yang diharapkan mampu menjadi komando pada angkatan PERCHA KSATRIA III.

Rapat LKMM

                                                                                   (Foto 3. ProsesPenentuan Ketua Angkatan)

Dengan adanya kegiatan LKMM I DPW I POPMASEPI ini diharapkan nantinya mahasiswa mampu menambah wawasan, meningkatkan kualitas diri, mengembangkan skill dan kemampuan memimpin agar terciptanya generasi bangsa yang dapat membanggakan Indonesia. Semoga adanya acara ini dapat memberi manfaat dan terjalinnya silaturahmi antar sesama mahasiswa sosial ekonomi pertanian khususnya di wilayah 1 POPMASEPI  & di seluruh wilayah pada umumnya. Kegiatan ini ditutup dengan Fieldtrip ke Danau Toba untuk melihat keindahan alam yang tersajikan di salah satu kawasan prioritas penngembangan nasional tersebut. (MK, 2019)