previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

Prof. Dr. Ir. H. Meneth Ginting, M.A.D.E.

AGRIBISNIS

"Petani konsumen dan interaksi bisnis ada disana membahagiakan diri dan membahagiakan sesama"

PRODI AGRIBISNIS

"Mendidik para pemikir dan pejuang pembangunan pertanian untuk meningkatkan harkat dan martabat petani dan umat manusia DIA (pun) warga sivitas akademika PRODI AGRIBISNIS patut bangga bahagia PAKULING,2021"

Prof. Dr. Ir. H. Meneth Ginting, M.A.D.E. lahir pada tanggal 15 Juli tahun 1940 di Tigalingga, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Menempuh pendidikan dasar (Sekolah Rakyat/Sekolah Dasar) di Bukit Karo-Tigalingga dari tahun 1947 hingga 1953; SMP (tahun 1953-1956) di SMP HKBP Sidikalang; dan SMA (tahun 1956-1959) di SMA Negeri 1 Kabanjahe. Setamat SMA melanjutkan ke perguruan tinggi, yakni Jurusan Sosial Ekonomi, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara dari tahun 1960 sampai 1966. Pada tahun 1973 melaksanakan Studi Persatuan Peladang Malaysia di Selangor, Malaysia, yang disponsori oleh the A/D/C Inc. Amerika Serikat selama dua bulan dan kursus Quantitative Economie Analysis UNSYAH-the A/D/C Inc. Amerika Serikat selama tiga bulan. Kemudian melanjutkan pendidikan master (S2) di Australian National University (ANU) di Canberra, Australia, dari tahun 1976 sampai 1978.

Pada tahun 1979, menjalani pendidikan LENS (Leadership Efectiveness New Strategies) di the Institut Cultural Affairs, New York; tahun 1980 melaksanakan exchange university staff Indonesia-Swedia di Universitas Sumatera Utara dari Upsala University Swedia; dan tahun 1986 menempuh kursus-studi banding koperasi di Jerman atas undangan Friedrich Ebber Stichtung di Jerman Barat. Kemudian dilanjutkan dengan studi banding lingkungan hidup selaku peserta International Visitor Program (IVS) atas undangan Pemerintah Amerika Serikat pada tahun 1988. Pendidikan doktoral (S3) diperoleh dari Institut Pertanian Bogor, jurusan Penyuluh Pembangunan Nasional pada tahun 1999 dengan judul disertasi Dinamika Organisasi Koperasi Kajian tentang Pengaruh Faktor-faktor Dinamika Organisasi terhadap Keberhasilan Koperasi: Koperasi Unit Desa (KUD) dan Credit (CU) di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Karir profesional dimulai pada tahun 1962, sebagai asisten dosen, yang kemudian berkembang menjadi dosen dan Ketua Departemen Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Pembantu Dekan (Wakil Dekan) III dan II Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, hingga menjadi Dekan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (dari bulan Februari sampai dengan September tahun 1985). Tidak lama menjadi Dekan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, pada bulan September tahun 1985 dilantik menjadi Bupati Karo untuk periode 1985-1990. Pada tahun 2000, kembali ke fungsional akademisi dengan aktif menjadi dosen di Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Pascasarjana Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pedesaan (PWD) Universitas Sumatera Utara dan IAINSU, serta Pascasarjana Notariat Universitas Sumatera Utara. Kemudian pada tahun 2004-2010 menjadi Rektor Perguruan Tinggi Swasta Universitas Quality/Universitas Karo (UKA) Kabanjahe.

Prof. Meneth Ginting juga pernah mengemban tugas-jabatan sebagai Staf Ahli BIMAS SSBM (Bimbingan Massal Swa Sembada Bahan Makanan) Sumatera Utara (tahun 1966-1970); Ketua Survey Agro Ekonomi Indonesia (SAE) Sumatera Utara (tahun 1969-1972); Penasehat Badan Koordinasi Pembangunan Daerah (BAKOPDA) atau nama lainnya Badan Perencanaan Pembanguna Daerah Sumatera Utara (BAPPEDASU) (tahun 1974-1976); Penasehat Ketua BAPPEDASU dan sebagai Ketua Tim Pembangunan Desa Pantai Sumatera Utara (tahun 1978-1985); Research Fellow, ANU, Canberra (tahun 1979 dan tahun 1981); Ketua Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Sumatera Utara (tahun 1980-1985); serta Staf Ahli Badan Perencana dan Pembangunan Lingkungan Hidup Sumatera Utara (BAPPEDALDASU) (tahun 2000-2010).

Beberapa buku yang ditulis antara lain Housegardens-the Last Resort bersama dengan Prof. D.H. Penny (tahun 1980); Konsepsi dan Pelaksanaan Desa Pantai bersama dengan Prof. Bahauddin Darus (tahun 1982); Pekarangan, Petani, dan Kemiskinan: Suatu Studi tentang Sifat dan Hakekat Masyrakat Tani di Sriharjo Pedesaan Jawa bersama dengan Prof. D.H. Penny (tahun 1984); Idaman & Harapan Masyarakat Desa Kabupaten Karo (tahun 1990); Waktu Akan Berlalu, Kenangan Indah Akan Tertinggal: Surat-surat dari Tanah Karo (tahun 2002); Pembangunan Masyarakat Desa (Sebuah Refleksi) (tahun 2006); Penyuluh & Petani: Studi Hakekat Hubungan Manusia Fakultas Pertanian USU & Para Petani Sumatera Utara (tahun 2020, cetakan kedua); serta  Pelita Hati: Jati Diri Dosen Idaman (tahun 2020).

Saat ini Prof. Dr. Ir. Meneth Ginting, M.A.D.E aktif mengajar di Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara dengan Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK); dan dikenal sebagai “tokoh” yang memiliki concern terhadap ekonomi pertanian dan ekonomi pembangunan, petani, kemisikinan, pembangunan masyarakat desa, penyuluhan pertanian, koperasi, serta masyarakat Karo.