previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

Ir. Luhut Sihombing, M.P.

Pak Luhut Upload

Ir. Luhut Sihombing, M.P

Wakil Rektor V Universitas Sumatera Utara

Senantiasa berpenampilan necis dan rapi, dengan ritme jalan yang cepat serta ekspresi wajah yang siap menebar senyum dan sapa ramah, adalah ciri khas pribadinya yang cepat melekat di benak siapapun yang mengenalnya. Di lingkungan Universitas Sumatera Utara, nyaris tak ada yang tak mengenal sosok salah seorang dosen Fakultas Pertanian ini. Senyumnya yang acap terkembang lebar ditimpali cara bicaranya yang cenderung blak-blakan dan tanpa basa-basi, membuatnya dikenali sebagai pimpinan yang tegas oleh para stafnya.

Ir Luhut Sihombing, MP, itulah nama lengkap berikut gelar yang tertera untuknya di direktori USU. Saat ini, lelaki yang dilahirkan di Sidikalang, 8 Oktober 1965 itu, menjabat sebagai Wakil Rektor V Bidang Pengelolaan Aset dan Usaha Universitas Sumatera Utara untuk periode 2021-2026, mendampingi kepemimpinan Rektor USU Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si. Sebelumnya, ia juga menduduki jabatan yang sama pada masa kepemimpinan Rektor USU periode 2016-2021. Jabatan fungsional yang disandangnya adalah Lektor Kepala, dengan pangkat Pembina Tingkat I, golongan IVb.

Peraih penghargaan Dosen Teladan II Fakultas Pertanian USU pada tahun 1994 itu, menghabiskan masa kecil hingga awal pertama masa remajanya di Sidikalang. Pendidikan formal yang dijalani oleh Ir Luhut didahului dengan pendidikan dasar di SD Negeri I Sidikalang (lulus 1979), berlanjut ke SMP Negeri Sidikalang (Lulus 1982) dan SMA Negeri Medan (lulus 1985). Ia meraih gelar Insinyur setelah menamatkan kuliahnya di Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian USU (lulus 1991) dan menamatkan S2 nya pada Bidang Studi Ekonomi Kehutanan dari UGM (lulus 1999).

Ir Luhut Sihombing mengawali karir pekerjaannya sebagai Sekretaris Program Studi Ekonomi Pertanian USU pada tahun 2001 hingga 2004. Lalu menjadi Sekretaris Departemen Sosial Ekonomi Pertanian USU (2005-2008). Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Agribisnis USU (2008 – 2010), Wakil Dekan III Fakultas Pertanian USU (2010 – 2015) dan Wakil Rektor V Bidang Pengelolaan Aset dan Usaha USU (2016 – 2021); jabatan yang sama dengan yang diembannya saat ini. Saat ini ia juga masih menjalankan tugas tridharmanya sebagai Dosen Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian USU, dengan mengampu mata kuliah Pengantar Ilmu Ekonomi, Teori Ekonomi Mikro, Pemasaran Hasil Pertanian dan Manajemen Produksi dalam Agribisnis.

Sepanjang perjalanan karir dan pengabdiannya sebagai dosen, Ir Luhut Sihombing telah menghasilkan beberapa karya publikasi dan penelitian. Di antaranya; Tata Niaga Hasil Pertanian - USU Press (2007), Studi Kelayakan Persemaian Permanen BPDAS Wampu Sei Ular (2009), Analisis Distribusi Pupuk Bersubsidi    - USU (2010),             Kontruksi Harga Dasar Jagung – USU (2011),          Peramalan Penjualan dengan Metode Markov Chance – USU (2011), Antioxidant Activity of Seedling Growth in Selected Soybean Genotypes (Glycine max (L.) Merrill) Responses of Submergence Proceedings (2016), dan Analisis Implementasi dan Pengaruh Penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) Beras terhadap Penerima Harga Gabah di Tingkat Petani (2018).                     

Ir Luhut Sihombing juga kerap didaulat sebagai pemateri dalam berbagai kegiatan atau pertemuan ilmiah. Beberapa materi disajikannya antara lain dalam acara ; Seminar hasil – hasil Penelitian Sumber Dana DIPA DIKTI dan DIPA USU Tahun Anggaran 2010, Medan (Maret 2010), Simposium Nasional Perubahan Iklim Indonesia, Medan (22 Agustus 2011), Lokakarya Nasional Agribisnis Kerakyatan, Padang (1 Februari 2012), Musyawarah Perencanaan Pembangunan RP JMD Kabupaten Nias Utara, Nias Utara (7 Maret 2012), Seminar Nasional dan Rapat Tahunan Dekan Bidang Ilmu Pertanian, Pontianak (19 – 20 Maret 2013), Pelatihan Praktek  Lapangan, Program Studi Agribisnis (15 – 16 Juli 2013), FGD Revisi Kurikulum Program Studi Agribisnis, Medan (17 Januari 2015), Internasional Conference on Agricultural and Biological Sciences (ABS 2016), Shanghai, China (23 – 26 Juli 2016), ISSAAS2016 International Congress “Expression of SOD and POD isoenzymes in soybean cell culture subjected to low oxygen experience”, Hanoi, Vietnam (November 2016), Evaluasi dan Monitoring Tanaman Rehabilitasi Hutan dan Lahan, BPDAS Wampu Sei Ular (November 2019), dan Evaluasi dan Monitoring Tanaman Rehabilitasi Hutan dan Lahan, BPDAS Wampu Sei Ular (Desember 2020).

Ia juga cukup aktif dalam berbagai kegiatan organisasi, yakni sebagai Ketua Forum DAS Deli Sumatera Utara, Wakil Ketua PERHEPI Sumatera Utara dan anggota ISEI Sumatera Utara.

Peraih penghargaan Satya Lencana 5 Tahun (2008) dan Satya Lencana 20 Tahun (2012) dari Pemerintah Republik Indonesia ini juga selalu berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosial. Seperti dalam kegiatan Pemanfaatan Pekarangan untuk Peningkatan Pendapatan Masyarakat Desa di Kabupaten Langkat (2011), Pemanfaatan Sumber Daya Lokal sebagai Unit Usaha Dalam Upaya Peningkatan Pendaptan Masyarakat di Desa Paraduan, Kabupaten Samosir (2015), Toba Go Green KODAM I/BB – USU (2011-2016), Pengembangan Agroindustri Kreatif Produk Jaguar (Jahe Merah Mix Gula Aren) sebagai Upaya Peningkatan Keunggulan Komparatif Sentra Produksi Aren di Desa Suka Maju, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang (2018), Pelatihan dan Penyediaan Demplot Budidaya Ikan Sistem Bioflok sebagai Upaya Memperkuat Ketahanan Pangan Masyarakat, Membangkitkan Ekonomi Kreatif, serta Mitigasi Keramba Jaring Apung Danau Toba di Desa Paraduan, Kabupaten Samosir (2019) dan

Penghijauan  Pemukiman Urban di Kota Medan dengan Tanaman Multi Purpose Trees Species (Mpts) dan Kayu Kayuan sebagai Salah Satu Upaya Rehabilitasi Das Deli di kelurahan Madras Hulu, Medan Polonia (2019).