previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

Mahasiswa Agribisnis USU Raih Juara Lomba Gerakan Nasional Revolusi Mental Kemenko PMK

Mahasiswa Agribisnis USU Raih Juara Lomba Gerakan Nasional Revolusi Mental Kemenko PMK

Mahasiswa ini kan agen perubahan. Makanya pemerintah menargetkan mahasiswa dalam mengadakan perlombaan ini agar dapat menularkan semangat revolusi mental kepada lingkungan sekitarnya,” kata Prof. Dr. Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan, S.Si., M.Si., Apt.Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan penyerahan hadiah kepada mahasiswa pemenang Lomba Big Ideas Competiton 2021 Gerakan Nasional Revolusi Mental yang digelar oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI). Hadiah tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Rektor III USU Prof. Dr. Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan, S.Si., M.Si., Apt. di Inter Coffe USU, Kamis (23/12/2021).

GNRM 1

Prof. Poppy menyebutkan, mahasiswa menjadi subjek yang tepat dalam upaya Gerakan Nasional Revolusi Mental. Hal itu disadari karena mahasiswa merupakan penyambung aspirasi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. “Mahasiswa ini kan agen perubahan. Makanya pemerintah menargetkan mahasiswa dalam mengadakan perlombaan ini agar dapat menularkan semangat revolusi mental kepada lingkungan sekitarnya,” kata Prof. Poppy.Ia juga menyebutkan, mahasiswa menjadi agen perubahan karena memiliki pemikiran yang idealis. Oleh karena itu, inovasi dan gebrakan dari mahasiswa sangat diperlukan dalam upaya Gerakan Nasional Revolusi Mental ini. 

Seperti diketahui, USU berperan aktif membantu Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan untuk menyukseskan Gerakan Nasional Revolusi Mental. USU mengambil peran dalam bidang kebersihan dengan melaksanakan berbagai kegiatan seperti seminar dan perlombaan dengan tajuk “Gerakan Indonesia Bersih, Mahasiswa sebagai Agen Perubahan”.“Saya berharap dalam kegiatan ke depannya semakin banyak ide dan inovasi dari mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini. Kita sering menyebutkan jika beberapa negara luar negeri sangat bersih, namun kita lupa untuk menerapkan itu dinegara sendiri. Oleh karenanya, mahasiswa ini yang menjadi agen perubahannya,” pungkas Prof. Poppy. 

GNRM 2

Syahma Nadita dari Jurusan Agribisnis meraih juara I dengan judul “Indonesian Free Waste with Waste Factory Application”. Diurutan kedua ada Hosana Hotma Febriani Pasaribu dari Jurusan Agribisnis dengan judul “Pembuatan Kompos Organik untuk Mengelola Sampah Menjadi Lebih Baik”, serta Tresa Roselina Hutagalung dari Teknik Lingkungan menempati urutan ketiga dengan judul “Automatic Takakura Bin”. Sementara itu, M Faidhil Iman dari jurusan Psikologi meraih harapan I dengan judul “Roof Tiles out of Plastic”. Berikutnya ada Kevin Darma Surya dari jurusan Teknik Lingkungan dengan judul “wasterevolution.id: Platform Edukasi Revolusi Pengelolaan Sampah Indonesia” di posisi harapan ke dua. Harapan ketiga diraih oleh Abdul Karim Manoarfa dari jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat dengan judul “Upaya Mengurangi Sampah Ditengah Rendahnya Kesadaran dan Pengetahuan dalam Mengelola Sampah”. Hadir dalam pertemuan tersebut Staf Ahli Ikhsan Siregar, ST., M.Eng.