previous arrow
next arrow
Shadow
Slider

Progam Studi Agribisnis USU, Fakultas Pertanian USU Mengadakan Kuliah Umum: “Perdagangan Bilateral Malaysia-Indonesia: Review Pengalaman Pengelola Kekarantinaan Produk Pertanian Asal Indonesia dan Potensinya Untuk Pengembangan Wirausaha Muda”

Progam Studi Agribisnis USU, Fakultas Pertanian USU Mengadakan Kuliah Umum: “Perdagangan Bilateral Malaysia-Indonesia: Review Pengalaman Pengelola Kekarantinaan Produk Pertanian Asal Indonesia dan Potensinya Untuk Pengembangan Wirausaha Muda”

Program Studi Agribisnis USU didukung oleh Fakultas Pertanian USU telah melaksanakan Kuliah Umum dengan judul: “Perdagangan Bilateral Malaysia-Indonesia: Review Pengalaman Pengelola Kekarantinaan Produk Pertanian Asal Indonesia dan Potensinya untuk Pengembangan Wirausaha Muda” yang menghadirkan narasumber Puan Zarina Ramli, B.Sc., M.Sc., Direktur Ekonomi Pertanian Kementerian Pertanian Malaysia dan Dr. Rulianda Purnomo Wibowo, S.P., M.Ec, Ketua Program Studi Agribisnis USU, pada Selasa, 23 Agustus 2022, bertempat di Gedung D.H. Penny Fakultas Pertanian USU
Kuliah 1

Turut pula hadir dalam acara tersebut beberapa pelaku usaha dari Malaysia; Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara, yang diwakili oleh Ir. Joni Akim Purba, M.P.; Kamar Dagang dan Industri Sumatera Utara, yang diwakili oleh Dayan Sutomo; Dekan Fakultas Pertanian USU; Ketua dan Sekretaris Program Studi Agribisnis USU; para Dosen Program Studi Agribisnis USU; serta mahasiswa Magister Agribisnis USU (juga dihadiri Ujiana Sianturi yang merupakan Ketua Asosiasi UMKM Sumatera Utara) dan mahasiswa Program Studi Agribisnis S-1 USU.

Kuliah 2

Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian USU, yang diwakili Prof. Dr. Ir. Elisa Julianti, M.Si. Kemudian dilanjutkan sesi penyampaian materi, yang dipandu oleh seorang moderator, yang merupakan Dosen Program Studi Agribisnis sekaligus praktisi berpengalaman di bidang penyuluhan, komunikasi, dan pemberdayaan masyarakat pedesaan, yaitu Ir. Yusak Maryunianta, M.P.

Kuliah 4

Materi pertama dibawakan oleh Dr. Rulianda Prunomo Wibowo, S.P., M.Ec dengan judul “Perdagangan Bilateral antara Malaysia dan Indonesia”, lalu materi kedua dibawakan oleh Puan Zarina Ramli, B.Sc, M.Sc. dengan judul “Perdagangan Bilateral Malaysia-Indonesia: Review Pengalaman Pengelola Kekarantinaan Produk Pertanian Asal Indonesia dan Potensinya untuk Pengembangan Wirausaha Muda”. Peserta kuliah umum diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan guna diskusi kepada para narasumber di akhir perkuliahan. Para peserta, mengikuti kuliah umum dengan antusias, juga sesi diskusi berjalan secara interaktif dan “hidup”.